Makanan Sehat dan Mengandung Gizi Seimbang

Makanan sehat memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, makanan sehat juga memiliki dampak yang baik terhadap mood kita sehari-hari. Apakah makanan sehat harus 4 sehat 5 sempurna ? Sebenarnya slogan ini sudah tidak sesuai dengan kehidupan kita di zaman sekarang. Sehingga slogan tersebut sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Berikut adalah alasan mengapa slogan 4 sehat 5 sempurna diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang.

  • Ketentuan porsinya tidak ada

Slogan 4 sehat 5 sempurna tidak memiliki ketentuan atau aturan tentang berapa banyak porsi makanan dalam sehari. Padahal, jumlah porsi makan memiliki pengaruh terhadap pertambahan berat badan. Ketika kita makan dengan porsi yang berlebih setiap hari makan akan menyebabkan obesitas dan mudah terserang penyakit kronis.

  • Menu makanan harus bervariasi

Dalam Pedoman Gizi Seimbang sangat dianjurkan untuk mengkosumsi beragam jenis bahan makanan atau tidak bergantung pada satu jenis makanan. Karena semakin banyak menu makanan yang kita konsumsi, semakin banyak juga kandungan gizinya. Dalam slogan yang dahulu, tidak ada aturan tersebut.  

  • Pelengkap tidak harus susu

Susu mengandung protein hewani sama seperti lauk. Yang keliru adalah jika kita beranggapan bahwa menu makanan sehat harus ada susu. Jadi jangan khawatir tidak sehat meskipun tidak minum susu.

  • Perbanyak minum air putih

Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan setiap hari Abdallah air putih. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas/hari atau sesuai dengan kebutuhan.

  • Jangan hanya makan sehat

Makanan bukan satu-satunya yang membuat tubuh kita menjadi sehat. Makan makanan yang sehat saja tidak cukup. Karena tubuh juga butuh olahraga dan istirahat yang cukup agar seimbang. 

Dalam PGS disebutkan beberapa anjuran supaya sehat seperti mengatur porsi makan, berolahraga secara rutin, dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar.

Tips Memilih Menu Makan yang Sehat

Saat jadwal sedang padat kadang kita menjadi susah mengatur makanan dan memilih untuk makan makanan yang cepat dan gampang agar tidak menyita banyak waktu. Perlu kita ketahui bahwa makanan sehat sangat penting bagi tubuh. Berikut adalah menu makanan sehat yang dapat dijadikan pilihan saat sedang sibuk.

  • Menu sarapan

Saat sarapan sebaiknya hindari menu makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa pilihan menu makanan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan energi dan membantu mengendalikan gula darah.

  1. Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, sayur, buah, dan nasi merah.
  2. Makanan dengan lemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa.
  3. Makanan yang banyak mengandung serat tinggi seperti sereal gandum dan Chia seed.
  • Pilih makanan yang segar

Sayur, buah, ikan, daging, dan kacang-kacangan yang segar adalah makanan yang baik untuk kesehatan. Kita juga bisa menggunakan kacang-kacangan, buah, dan sayur yang dipotong kecil2 untuk dijadikan snack sehat.

  • Perhatikan proses pengolahan makanan

Ketika memesan makanan di restoran kita sebaiknya menghindari menu makanan yang digoreng, dimasak dengan panas yang tinggi hingga kering , ditambah minyak/lemak, dan makanan yang ditaburi keju lalu dipanaskan di atasnya. Karena makanan yang diolah seperti itu mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Sebaiknya kita memilih makanan yang direbus atau dipanggang.