Ternyata Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Berbahaya Untuk Tubuh

Banyak sekali makanan sehat yang bisa kita konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda beberapa makanan yang harus diolaah terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi. Proses pengolahan inilah yang ternyata penting untuk diperhatikan. Karena ada beberapa jenis makanan sehat yang jika kita salah dalam mengolahnya justru bisa menjadi berbahaya untuk tubuh kita. Jadi ini suatu hal yang sebaiknya anda ketahui, beberapa makanan sehat tersebut antara lain yaitu :

  • Kerang

Kerang merupakan salah satu makanan yang mudah juga kita jumpai dan memiliki kandungan beberapa nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. Salah satu hewan laut ini mengandung tinggi protein, asam lemak omega-3, magnesium, seng, tembaga, dan lainnya. Jika ingin mengkonsumsi kerang segar ini sebaiknya anda harus memasaknya dengan benar dan memastikan bahwa sudah benar-benar matang sempurna. Karena jika kerang tidak dimasak dengan baik dan benar-benar matang dapat berbahaya untuk tubuh. Ketika anda mengkonsumsinya bisa menimbulkan infeksi bakteri bahkan keracunan. Alhasil anda bisa muntah-muntah serta pusing.

  • Daging

Daging-dagingan seperti daging merah atau daging unggas memiliki kandungan protein yang tinggi. Dimana kandungan protein tersebut bisa berubah berbahaya jika anda memasak dagingnya menggunakan suhu yang sangat tinggi. Karena yang bagus yaitu memasak daging menggunakan suhu yang rendah untuk mengurangi penumpukan zat karsinogenik.

  • Kentang

Tidak hanya dalam proses memasak saja yang harus diperhatikan juga bagaimana cara kita menyimpang bahan makanan sehat tersebut. Salah satunya yaitu kentang. Untuk menyimpan kentang sebaiknya pada tempat yang sejuk, gelap dan dengan sirkulasi udara yang baik. Karena jika anda menyimpannya dalam tempat yang lembab dan terang bisa membuat kentang berubah warna menjadi hijau dan tumbuh tunas. Kondisi kentang yang seperti itu sebaiknya jangan anda konsumsi, karena kentang sudah mengandung racun. Racun tersebut bisa menyebabkan muntah, mual, sakit perut, bahkan diare.

  • Almond

Jenis kacang-kacangan satu ini memang banyak disukai oleh masyarakat terutama anak-anak muda, yaitu almond. Ada dua jenis dari kacang almond ini yaitu manis dan pahit. Yang perlu diperhatikan yaitu jenis almond pahit ternyata mengandung hydrogen sianida yang cukup tinggi. Hal ini bisa menimbulkan masalah pada kesehatan orang dewasa dan berakibat fatal pada anak-anak. Akan tetapi masih bisa aman untuk dikonsumsi jika sudah melewati ekstraksi selama proses pemurnian.

  • Susu

Susu memanglah minuman yang sangat menyehatkan untuk tubuh, tidak hanya untuk orang dewasa saja melainkan juga anak-anak. Akan tetapi akan berubah menjadi tidak menyehatkan jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Terlalu banyak mengkomsusi dapat meningkatkan resiko anda mengalami anterosklerosis dan kardiovaskular. Selain itu juga bisa menimbulkan resiko kanker ovarium pada wanita dan kanker prostat pada pria. Jadi konsumsilah secara rutin dengan takaran yang sesuai dengan kesehatan.

  • Roti

Roti juga merupakan makanan yang menyehatkan, roti yang sehat yaitu yang terbuat dari biji-bijian bertunas. Karena lebih mudah dicerna dan mengandung protein, serat, folat, vitamin C, dan kandungan nutrisi lain yang tinggi. Akan tetapi kebanyakan saat ini roti yang kita konsumsi yaitu roti putih yang mengandung tepung dan aditif dengan melalui proses pengolahan yang tinggi sehingga tidak sehat. Terlalu sering mengkonsumsinya bisa menimbulkan obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

  • Madu

Madu merupakan bahan makanan yang memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi madu bisa menjadi berbahaya untuk tubuh ketika belum melewati pasteurisasi. Proses pasteurisasi ini menghilangkan organisme merugikan, seperti bakteri, protozoa, dan kapang. Karena jika anda mengkonsumsi madu sebelum dipasteurisasi bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, hingga muntah-muntah

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang bisa berubah berbahaya untuk tubuh kita salah dan mengolahnya ataupun menyimpannya. Dan sudah diketahui juga bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam mengkonsumsi makanan. Meskipun makanan itu menyehatkan tapi jika berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan. Jadi konsumsilah dengan porsi yang seimbang. Semoga bermanfaat dengan baik informasi ini untuk anda.